Senin, 04 Mei 2009

Profil Puskesmas Sungai Alang

Puskesmas Sungai Alang didirikan tahun 1991, terletak di desa Sungai Alang RT 03 RW 02 Kecamatan karang Intan. Awal berdirinya Puskesmas Sungai Alang merupakan pengembangan dari Pustu wilayah kerja Puskesmas Karang Intan. Karena kunjugan Pustu tersebut sangat tinggi dan banyakya desa yag harus di layani sehingga Pustu tersebut akhirnya dikembangkan menjadi Puskesmas Induk, tepatnya pada bulan Agustus tahun 1991.
Pada tahun 1991, sejak dikembangkan menjadi Puskesmas Induk, Puskesmas Sungai Alang menggunakan bangunan Ex Pustu tersebut sebagai gedung pelayanan pasien yang mulanya terletak di RT 02 Desa Sungai Alang. Dengan peralatan dan kondisi seadanya, luas gedung yag sempit, tidak diimbangi dengan penambahan tenaga Medis dan Paramedis.
Pada tahun 1992, karena bangunan yang sangat sempit untuk tenaga Medis dan Paramedis, akhirnya dibangun/ditambah bilik berukuran 3x4m untuk raung kartu, sehingga sedikit dapat mengurangi kepadatan ruangan.
Aku datang bekerja di Puskesmas Sungai Alang sejak mulai diangkat sebagai tenaga Pegawai Negeri Sipil pada tahun 1991, tepatnya bulan Nopember. Pada waktu itu aku yang masih berstatus CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) mulai bekerja dengan keadaan yang masih asing bagiku, karena memulai dunia baru sebagai seorang calon Pegawai Negeri. Pada waktu itu tenaga Puskesmas baru beberapa orang, yaitu :
1. Yohan Fauri (Perawat Kesehatan)
2. Guzali Imuh Alm. (Perawat Kes)
3. Nuraini As Alm. (Perawat Kes.)
4. St. Khadijah (Tenaga Bidan)
5. Eny Apriati (Tenaga Bidan)
6. Rida Husni (Aku/Perawat Kesehatan)
Itulah tenaga yang ada pada waktu itu, dengan keterbatasan tenaga yang ada, harus melayani pasien dan menjalankan program Puskesmas, dengan membawahi 13 desa wilayah kerja. Dapat dibayangkan betapa ribetnya pada waktu itu. Belum lagi kondisi jalan pada waktu itu yang masih belum diaspal, aku yang pada waktu itu pulang pergi bekerja harus melalui kondisi jalan yang berbatu dan berdebu, dan bila hujan beceknya minta ampun. Bila Pusling (Puskesmas Keliling) kunjugan ke desa-desa aduuuh... minta ampun. Jalan-jalan yang dilewati berbatu dan berdebu merupakan makanan pahit yang harus ditelan seminggu sekali. Tapi yang namanya tugas dan pengabdian yang harus diemban sebagai Pegawai Negeri akhirnya segala kesulitan apapun aku terima dengan ikhlas.
Pada tahun 1992 mulai berdatangan tenaga baru, baik Paramedis maupun Tenaga Medis, yaitu :
1. Dr. Uus Rustandi ( Dokter pertama Puskesmas Sungai Alang)
2. Sukinem (Tenaga Kesling)
3. Nurul Hilaliah (Tenaga Tata Usaha)
4. Satriansyah (Tenaga Kesling)
5. Purnamawati (Tenaga Bidan)
6. Rosida Kurniati (Perawat Kesehatan)
Tahun 1993, tambahan tenaga yaitu :
1. Nurussobah Misna (Tenaga Kesling)
2. Surungan Nainggolan (Tenaga Pekarya)
3. Rini Agustina (Tenaga Gizi)
4. Rudiansyah (Perawat Gigi)
5. Herliyani (Tenaga Kesling)
Sejak itu beban kerja mulai berkurang karena tenaga Puskesmas sudah mulai banyak sehingga pembagian tugas dapat lebih dapat diatur sedemikian rupa.
Tahun 1994 Puskesmas Sungai Alang pindah ke bangunan baru yang lebih luas, yang berdiri di atas sebidang tanah berukuran ...... m, dan bangunan Puskesmas yang luas secara permanen dengan dilengkapi rumah Medis 1 buah dan rumah dinas Paramedis 2 buah. Sehingga pelayanan kepada pasien lebih nyaman dengan bangunan yang permanen dan lantai keramik.
Seiring berjalannya waktu, Puskesmas Sungai Alang terus mengalami kemajuan, kunjungan Puskesmas terus meningkat. Pada tahun 2005 Puskesmas ditingkatkan menjadi Puskesmas Rawat Inap, dengan jumlah ruang rawat 5 ruangan perawatan/5 tempat tidur. Puskesmas Rawat Inap Sungai Alang diresmikan pada bulan Pebruari tahun 2005 oleh Bupati Banjar H.Rudy Ariffin (sekarang menjadi Gubernur Kalsel), yang saat itu Kepala Puskesmas dipimpin oleh Dr. Widya Wiri Utami.
Pada awal diresmikannya Puskesmas Rawat Inap Sungai Alang, mulai berdatangan pasien-pasien dari berbagai penjuru desa wilayan Kecamatan Karang Intan. Setiap hari ada pasien yang dirawat. Hingga sekarang Rawat Inap Puskesmas Sungai Alang sudah berusia 4 (empat) tahun, pasien yang dirawat setiap bulan berkisar antara 12 - 18 orang. Kadang-kadang ada kalanya pasien kosong sama sekali, tapi tak lama kosong pasti ada yang masuk lagi.
Dengan diberlakukannya Pelayanan Kesehatan Dasar Bersubsidi 24 jam oleh Bupati Banjar sejak 1 Jaqnuari 2008, sekarang Puskesmas Rawat Inap Sungai Alang melayani pasien secara gratis kepada masyarakat Kecamatan Karang Intan khususnya dan seluruh masyarakat Kabupaten Banjar pada umumnya. Siapapun orang yang datang ke Puskesmas Sungai Alang baik berobat jalan ataupun rawat inap, selama masih penduduk Kabupaten Banjar maka akan kami layani secara gratis.
Adapun pelayanan kesehatan dasar gratis yang dilayani di Puskesmas Rawat Inap Sungai Alang selama 24 jam, ada 11 pelayanan dasar yaitu :
1. Konsultasi medis dan penyuluhan kesehatan
2. Pemeriksaan fisik
3. Laboratorium sederhana
4. Tindakan medis sederhana
5. Pemeriksaan dan pengobatan gigi
6. Pemeriksaan ibu hamil/nifas/menyusui, bayi dan balita
7. Pemberian obat-obatan sesuai ketentuan
8. Pelayanan KB dan pelayanan efek samping
9. Pelayanan gawat darurat
10. Paket pelayan rawat inap
11. Pertolongan persalinan.

Untuk paket rawat inap, kami sediakan secara gratis, yaitu :
1. Ruang rawat inap
2. Makan minum pasien 3 x sehari
3. Obat-obatan standar (obat oral dan injeksi, cairan infus)
4. Tindakan Keperawatan/tenaga perawat
5. Tindakan dan pemeriksaan medis/tenaga dokter
6. Pemeriksaan laboratorium sederhana.
Paket rawat inap ini berlaku baik untuk masyarakat Kabupaten Banjar dengan menggunakan KTP ataupun menggunakan Kartu Jamkesmas/KS (Kartu Sehat).
Untuk pasien yang dirawat di Puskesmas Rawat Inap Sungai Alang akan kami usahakan untuk diberikan perawatan dan pengobatan sampai sembuh/pulang tanpa ditarif pembayaran sepeserpun, kecuali bila diperlukan obat-obatan yang tidak standar/non standar yang harganya mahal maka terpaksa akan kami bebankan kepada pasien untuk membelinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar